Menu
Redaksi | Rabu, 06 Desember 2023 05:14 WIB | 38 kali

Apa itu Asam Folat? Dan Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Apa itu Asam Folat?

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folat. Ini adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk fungsi yang sehat. Asam folat adalah zat yang larut dalam air dan merupakan salah satu dari delapan vitamin B kompleks.

Fungsi utama asam folat adalah untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah, memelihara kesehatan kulit, membantu dalam sintesis dan perbaikan DNA, serta mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh yang normal. Ini sangat penting bagi wanita hamil karena asam folat membantu dalam perkembangan sistem saraf pada janin dan mencegah cacat tabung saraf.

Asam folat juga berperan penting dalam proses pembentukan asam amino dan pembentukan zat kimia dalam otak yang dikenal sebagai neurotransmitter. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik (jenis anemia yang ditandai dengan sel darah merah yang besar dan kurang matang), gangguan pada sistem saraf, serta masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang kaya akan asam folat termasuk sayuran berdaun hijau (seperti bayam, brokoli, kale), kacang-kacangan (misalnya kacang polong, kacang kedelai, kacang hitam), buah-buahan (seperti jeruk, pisang, stroberi), biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Suplemen asam folat juga sering direkomendasikan, terutama bagi wanita yang sedang hamil atau yang merencanakan kehamilan, untuk memastikan asupan yang cukup demi kesehatan ibu dan perkembangan janin yang optimal.

Apa Manfaat Asam Folat

Asam folat atau folat adalah jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat utama asam folat bagi ibu hamil meliputi:

  1. Pencegahan cacat tabung saraf pada janin: Asam folat membantu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida. Konsumsi yang cukup asam folat sebelum dan pada awal kehamilan dapat membantu mengurangi risiko kelahiran bayi dengan cacat tabung saraf.

  2. Pertumbuhan dan perkembangan janin: Asam folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh serta jaringan janin. Ini sangat penting terutama dalam pembentukan sistem saraf janin.

  3. Mencegah anemia: Asam folat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selama kehamilan, volume darah ibu meningkat, dan asam folat membantu memastikan tubuh memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  4. Pencegahan komplikasi kehamilan: Konsumsi asam folat yang cukup juga dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan pertumbuhan janin yang terhambat.

Rekomendasi umum adalah bahwa wanita yang berencana hamil atau sedang hamil sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat sekitar 400 mikrogram sehari. Beberapa sumber makanan yang kaya akan asam folat meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, buah-buahan beri, biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait sebelum mengonsumsi suplemen asam folat atau membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama selama masa kehamilan.


Tags :

Share :

Baca Juga